Estoronesia: JENIS DAN KRITERIA MEDIA PEMBELAJARAN

Kamis, 27 Desember 2012

JENIS DAN KRITERIA MEDIA PEMBELAJARAN




   A.  Jenis-jenis Media Pembelajaran

1. Media Visual

Media visual adalah media yang menampilkan materi pebelajaran dalam bentuk sesuatu yang dapat dilihat oleh mata manusia. Media visual berdasarkan teknologinya dibedakan mejadi dua:

a. Media visual non-elektrik

Yaitu media visual yang cara kerjanya tidak menggunakan energi listrik.Contohnya: white board, papan tulis, flannel board, poster, flip chart, model atau solid aids.

b. Media visual elektrik

Yaitu media visual yang cara bekerjanya memerlukan tenaga listrik. Contoh dari media ini misalnya: Slide Projector, Over Head Projector (OHP), Opaque Projector.

2. Media Audio

Media Audio yaitu media yang menampilkan materi pembelajaran dalam bentuk sesuatu yang dapat didengar oleh telinga manusia. Berdasarkan teknologinya Medis Audio di bedakan menjadi dua, yaitu:

a. Media Audio Elektrik
Yaitu media audio yang cara penggunaanya memerlukan energi listrik, contohnya: amplifier, Radio, Tape Recorder, CD Player.
b. Media Audio Non-Elektrik
Yaitu media audio yang penggunaanya tidak memerlukan energy listrik, contohnya; berbagai peralatan musik seperti gitar, gamelan suling dan sebagainya yang digunakan dalam pembelajaran seni suara ataupu seni musik.

3. Media Audio Visual

Media ini menampilkan materi pembelejaran dalam bentuk sesuatu yang dapat didengar telinga manusia dan dapat dilihat oleh mata manusia. Pada beberapa jenis peralatan audio visual, gambar yang ditampilkan bisa bergerak, contohnya: DVD Player dan Komputer.

4. Multimedia

Media ini menampilkan materi pembelajaran dengan teknik memadukan semua keunggulan media audio visual dengan berbagai teknik penyajianyang memanfaatkan teknologi computer dan LCD Projektor sebagai peralatan utamanya. Dengan penggunaan multimedia, guru dapat langsung menampilkan hasil diskusi dalam waktu yang bersamaan di layar.

 

Seiring dengan perkembangan dunia teknologi dan media informasi, maka media pembelajaran juga mengalami pergeseran. Media pembelajaran yang dulu banyak digunakan, sekarang mulai banyak ditinggalkan. Seperti penggunaan OHP sekarang mulai digantikan dengan LCD Proyektor.

 



B.  Kriteria Media Pembelajaran Yang Baik

Semua media memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Oleh sebab itu maka guru harus memahami kriteria media pembelajaran yang baik yng dapat dipergunakan sebagai pegangan dalam memilih media pembelajaran. Kriteria tersebut meliputi:

  1. Media menyajikan informasi yang sesuai dengan tujuan dan materi pembelajaran yang akan diselenggarakan.
  2. Sesuai dengan karakteristik kelas termasuk jumlah siswa.
  3. Sesuai dengan kegiatan belajar dan pembelajaran yang dirancang.
  4. Sesuai dengan tempat penyelenggaraan belajar dan pembelajaran apakah di dalam ruangan yang kecil, ruang yang luas, atau di luar ruangan.
  5. Memuat informasi yang dapat mencium terjadi proses pembelajaran yang interaktif dan tidak sebaliknya justru menyajikan keseluruhan materi yang akan diajarkan.
  6. Tampilan sederhana dan singkat tetapi memperjelas pemahaman bukan sebaliknya justru membuat siswa semakin bingung.
  7. Sebaiknya dapat di operasikan sendiri oleh guru atau terdapat tenaga operator yang dapat mengoperasikannya.
  8. Didukung oleh ketersediaan sarana dan prasarana seperti tenaga listrik untuk pengoperasiannya.
  9. Biayanya yang diperlukan untuk pengadaan dan pengoperasian serta perawatan masih dalam skema anggaran sekolah.
                                                                 
        

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PROPOSAL PENELITIAN KUALITATIF

A. LATAR BELAKANG Dalam kehidupan kampus, khususnya kehidupan kampus Universitas Islam Negeri Malang, dalam keseharianya sangat banyak kebia...