Estoronesia: MATERI PELAJARAN PAI KELAS 2 SD PELAJARAN KE -2; ASYIK MEMBACA AL-QUR’AN SURAT AN-NAAS

Kamis, 03 September 2020

MATERI PELAJARAN PAI KELAS 2 SD PELAJARAN KE -2; ASYIK MEMBACA AL-QUR’AN SURAT AN-NAAS

 


A. MELAFALKAN SURAT AN-NAAS

Surat an-Naas menempati urutan surat terakhir dalam al-Qur’an atau surat yang ke-114. Terdiri dari 6 ayat, diturunkan di Mekkah sehingga termasuk dalam golongan surat Makiyah. Kata An-Naas berarti manuisa. 



B. PESAN SURAT AN-NAAS

Surat an-Naas berisi tentang perintah kepada manusia agar berlindung kepada Allah dari segala macam kejahatan yang datang ke dalam jiwa manusia yang berasal dari jin dan manusia.

Surat an-Naas merupaka surat untuk memohon perlindungan (ta’widz) kepada Allah dari bahaya golongan manusia dan jin. Sesama manusia bisa saling mebahayakan dengan berbagai cara. Jin juga bisa membahayakan misalnya dengan mengajak dan membisiki manusia untuk berbuat jahat, meninggalkan solat, mengajak berbuat maksiat dan sebagainya. Bahkan jin jahat juga bisa menebarkan sihir.

Nabi Muhammad SAW selalu membaca surat an-Naas bersama dengan surat al-Falaq da surat al-Ikhlas setiap menjelang tidur, untuk berserah diri dan memohon perlindungan kepada Allah dari segala bahaya.

Surat an-Naas dan surat al-Falaq disebut dengan surat Muawizatain yang artinya dua surat untuk memohon perlindungan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PROPOSAL PENELITIAN KUALITATIF

A. LATAR BELAKANG Dalam kehidupan kampus, khususnya kehidupan kampus Universitas Islam Negeri Malang, dalam keseharianya sangat banyak kebia...