Estoronesia: MATERI PAI KELAS 3 SD PELAJARAN 2; SENANGNYA BELAJAR SURAH AN-NASR

Selasa, 28 Juli 2020

MATERI PAI KELAS 3 SD PELAJARAN 2; SENANGNYA BELAJAR SURAH AN-NASR














Surat an-Nasr adalah surat yang ke-110  dalam Al-Qur’an. Surat An-Nasr terdiri dari 3 ayat diturunkan sesudah surat At-Taubah. Surat An-Nasr tergolong surat Madaniyah karena diturunkan sesudah Nabi Hijrah ke Madinah. Nama An-Nasr diambil dari kata yang ada pada ayat pertama. Kata An-Nasr artinya pertolongan.

Surat An-Nasr memberi tahukan kepada kita bahwa pertolongan Allah akan datang dan Islam akan mendapat kemenangan. Allah memerintahkan agar bertasbih dan memuji-Nya serta memohon ampun kepada Allah disaat terjadi peristiwa yang menggembirakan.

ISI KANDUNGAN QS. AN-NASR

1. Ajaran Islam telah berkembang luas ke berbagai penjuru Jazirah Arab. Rasulullah dan kaum muslimin telah banyak meraih kemengan. Kemenangan diraih karena usaha yang sungguh-sungguh dan berkat pertolongan Allah. Rasulullah dan kaum muslimin berjuang dengan ikhlas dan sungguh-sungguh dengan tidak mengenal lelah. Mereka menghadapi banyak rintangan, baik berupa hinaan, cacian, fitnahan dan penyiksaan. Mereka sabar dan tidak mudah menyerah.

Ayat ini memberi pelajaran kepada kita, bahwa jika kita mempunyai keinginan atau cita-cita maka harus berusaha dengan sungguh-sungguh dan berusaha dengan cara yang diridloi oleh Allah, maka insya Allah pertolongan Allah akan datang. Sebagaimana pertolonngan Allah kepada Rasulullah dan kaum Muslimin menghadapi kaum kafir.

2. Ketika ajaran Islam diterapkan dalam kehidupan, maka manusia akan merasakan rahmat dari ajaran. Islam. Banyak orang Quraisy yang tadinya kafir, kemudian mereka berbondong-bondong memeluk ajaran Islam setelah ajaran Islam diterapkan dalam kehidupan mereka sehari-hari.

3. Pada ayat ke-3 Allah mengingatkan kepada kita agar selalu ingat kepada Allah dengan cara bertasbih memuji-Nya, memohon ampun dan bertaubat kepada-Nya. Jika cita-cita tercapai, jangan lupa bersyukur kepada Allah, karena keberhasilan yang kita capai bukan semata-mata karena usaha kita saja, melainkan adanya pertolongan dari Allah.

PERILAKU PENGAMALAN SURAT AN NASR 

Perilaku yang sesuai dengan QS. An Nasr  yang dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari antara lain:
  1. Bersungguh-sungguh dalam berusaha mencapai cita-cita
  2. Selalu bersyukur kepada Allah jika keinginan tercapai
  3. Selalu berzikir mengingat Allah
  4. Segera bertaubat dan memohon ampun kepada Allah jika berbuat dosa atau kesalahan 






Bacaan Tasbih
سُبْحَا نَ اللّٰهُ 
Subhaanallah 
artinya Maha Suci Allah


Bacaan Tahmid
اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ
Alhamdulillah 
artinya segala puji bagi Allah


Bacaan Takbir
اللّٰهُ اَكْبَرُ
Allahu Akbar 
artinya Allah Maha Besar


Bacaan Istighfar
اَسْتَغْفِرُاللّٰهَ الْعَظِيْمِ
Astaghfirullahal adziim 
artinya Aku mohon ampun kepada Allah Yang Maha Agung


Bacaan Hauqalah
لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّۃَ اِلاَّ بِاللّٰهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ
Laa haula walaa quwwata illa billahil aiyyil adziim
artinya tidak ada daya kekuatan kecuali atas pertolongan Allah Yang Maha Agung


Bacaan Tahlil
لاَاِلٰهَ اِلاَّاللّٰه
Laa ilaaha illallah
Tidak ada Tuhan selain Allah


Baca Materi Lain:





2 komentar:

PROPOSAL PENELITIAN KUALITATIF

A. LATAR BELAKANG Dalam kehidupan kampus, khususnya kehidupan kampus Universitas Islam Negeri Malang, dalam keseharianya sangat banyak kebia...