Estoronesia: PTK

Minggu, 23 Desember 2012

PTK

ASAL USUSL PTK


Sejarah PTK banyak ditulis dan diperdebatkan orang. Salah satu sumber menyebutkan bahwa istilah "penelitian tindakan" mula-mula diperkenalkan oleh Kurt Lewin pada tahun 1934. Setelah mengalami berbagai pengalaman praktis yang berkaitan dengan penelitian tindakan, pada awal tahun 1940an Kurt Lewin mendefinisikan penelitian tindakan sebagai suatu proses pengembangan daya pikir reflektif, disksi dan pengambilan keputusan sekaligus tindakan yang dilakukan oleh sekelompok orang biasa yang berpartisipasi dalam penelitian bersama mengenai "kesulitan pribadi" yang sama-sama mereka alami (Adelman, 1993:8).

Selanjutnya ada beberapa "turunan" dari berbagai pemelitian tindakan yang mengikuti berbagai dasar pemikiran. Di Amerika akarnya adalah pergerakan pendidikan progresif yang dipelopori oleh John Dewey (Noffke, 1994); upaya di Inggris  yang lebih diarahkan pada pembaruan kurikulum dan peningkatan keprofesionalan dalam mengajar (Elliot, 1991); dan upaya di Australia yang bermuara pada gerakan umum merancang kurikulum secara kolaboratif (Kemmis, 1990).

Secara khusus, pengembangan di daerah yang berbeda memiliki kekhasan yang berbeda pula tetapi secara umum, semuanya terpusat pada bagaimana lebih meningkatkan kemaslahatan anak didik. Menurut Noffke(1994), membaca hasil-hasil penelitian dosen di universitas akan kurang bermanfaat untuk memahami pengalaman guru di sekolah serta kirang memnuhi harapan guru yang ingin melakukan PTK. Oleh karena itu, kalau guru/calon guru ingin mempelajari PTK, hendaknya membaca hasil-hasil PTK yang telah ditulis oleh guru/calon guru mengenai pengalaman ber-PTK dikelasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PROPOSAL PENELITIAN KUALITATIF

A. LATAR BELAKANG Dalam kehidupan kampus, khususnya kehidupan kampus Universitas Islam Negeri Malang, dalam keseharianya sangat banyak kebia...