Estoronesia: MATERI PAI KELAS 4 SD PELAJARAN 1; MARI BELAJAR SURAT AL FALAQ

Kamis, 16 Juli 2020

MATERI PAI KELAS 4 SD PELAJARAN 1; MARI BELAJAR SURAT AL FALAQ


Surat Al Falaq merupakan surat yang ke-113, terdiri dari 5 ayat. Termasuk golongan surat Makiyah, karena diturunkan di Mekah sebelum Nabi Muhamamad SAW hujrah ke Madinah. Diturunkan sesudah surat Al Fiil. 

Surat Al Falaq dan surat An Naas di sebut dengan Al Muawwidzatain yang artinya dua surat perlindungan (Ta’widz).

Dalam bahasa Arab Al Falaq berarti waktu subuh. Al Falaq juga dapat diartikan sesuatu yang terbelah atau terpisah. Dalam surat ini Allah memerintahkan kita untuk berlindung/isti’adzah hanya kepada Allah. Memohon perlindungan kepada Allah termasuk ibadah. Kita dilarang untuk meminta perlindungan kepada selain Allah. Memohin perlindungan kepada selain Allah merupakan perbuatan Syirik dan termasuk dosa besar.

Kandungan Surat Al Falaq

Kita harus berlindung hanya kepada Allah Tuhan Yang Menguasai Subuh dari kejahatan semua mahluk ciptaan Allah. Antara lain kita berlindung dari:

  1. Kejahatan gelapnya malam (Ghosiq), karana dimalam hari banyak terjadi kejahatan manusia, kejahatan  mahluk yang tidak kelihatan dan binatang berbisa.
  2. Kejahatan tukang sihir, biasanya para tukang sihir membacakan mantra yang ditiupkan pada tali yang diikat.  Sihir merupakan perbuatan Syirik dan termasuk salah satu dosa besar.
  3. Kejahatan orang hasad/hasud/dengki; orang hasad yaitu orang yang merasa tidak senang terhadap kenikmatan yang diberkan Allah kepada orang lain. Orang hasud apabila ia dengki dapat melakukan perbuatan yang dapat membahayakan orang lain.



Tajwid Dalam Surat Al Falaq

Mad Thobi’i; huruf mad ada 3 yaitu ي و  ا 
di  baca panjang atau mad jika ada huruf berkharokat fathah bertemu dengan huruf alif huruf berkharakat dhomah bertemu wawu sukun dan huruf berkharokat kasrah diikuti dengan ya sukun. 

Qalqalah artinya memantul atau pantulan. Bacaan qalqalah dibedakan menjadi 2 yaitu qalqalah sughro dan qalqalah kubro. 
Qalqalah sughro jika huruf qalqalah berhenti/mati karena sukun asli. Qalqalah kubra jika huruf qalqalah berhenti/mati karena waqaf. Huruf qalqalah ada 5 yaitu ب ج  د ط ق

Ikhfa; yaitu jika ada nun mati/sukun (نْ) 
bertemu dengan salah satu huruf ikhfa maka cara membacanya mendengung. Huruf ikhfa ada 15 yaitu   ش  س ص ض ط ظ ف ق ك ت ث ج د ذ  ز

Idzhar halqi; yaitu apabila ada nun sukun (نْ) atau tanwin  bertemu dengan salah satu huruf idzhar maka dibaca terang atau jelas. Huruf Idzhar ada 6 yaitu ا ح خ ع غ ه

Meneladani/ menerapkan isi kandungan surat Al Falaq

  1. Selalu berdoa memohon perlindungan hanya kepada Allah SWT.
  2. Tidak melalukan kejahatan yang dapat merugikan dan membahayakan orang lain.
  3. Menjauhi sifat hasad, dengki dan iri hati terhadap nikmat orang lain. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PROPOSAL PENELITIAN KUALITATIF

A. LATAR BELAKANG Dalam kehidupan kampus, khususnya kehidupan kampus Universitas Islam Negeri Malang, dalam keseharianya sangat banyak kebia...