Estoronesia: MANFAAT PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)

Senin, 13 Juli 2020

MANFAAT PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)

MANFAAT PENELITIAN TINDAKAN KELAS/PTK (Resume)

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) memiliki manfaat yang cukup besar, baik bagi guru, siswa maupun bagi sekolah.

A. Manfaat PTK bagi guru

1. PTK bermanfaat untuk memperbaiki proses pembelajaran yang dikelolanya, dimana sasaran akhir dari PTK adalah perbaikan pembelajaran.

2. Dengan melakukan PTK guru dapat mengembangkan profesinya secara profesional karena dapat menunjukkan bahwa ia mampu menilai dan memperbaiki pembelajaran yang dikelolanya/ guru mampu menunjukkan otonominya sebagai pekerja profesional.

3. Dengan melakukan PTK, guru menjadi berkembang secara profesional. Hal ini akan menjadikan guru semakin percaya diri.

4. Melakukan PTK berarti guru sudah 
berperan aktif mengembangkan 
pengetahuan dan keterampilan sendiri. Tidak hanya mengekor atau mengikuti orang lain.

B. Manfaat PTK bagi pembelajaran/siswa

1. Guru yang melakukan PTK, hasil belajar siswanya akan meningkat. Karena guru tahu masalah dan menemukan solusi yang dihadapi oleh siswa dalam proses pembelajaran.

2. Siswa merasa diperhatikan oleh guru. Karena dengan melakukan PTK guru akan bersikap kritis terhadap masalah yang dihadapi siswa.

3. Siswa dapat menjadikan guru sebagai model/teladan karena memiliki sifat kritis terhadap permaslahan siswa dalam proses pembelajaran.


C. Manfaat PTK bagi sekolah

1. Terciptannya iklim kolegial yang sehat dan kondusif dilingkungan sekolah, karena dalam melakukan PTK harus ada kerjasama yang baik diantara warga sekolah itu sendiri dan tumbuhnya rasa saling percaya.

2. PTK memberikan sumbangan yang positif terhadap kemajuan sekolah, yang tercermin dari peningkatan profesionalisme para guru, perbaikan proses dan hasil belajar siswa serta kondusifnya iklim pendidikan di sekolah tersebut.

3. Sekolah dapat memberikan 
sumbangsihnya terhadap dunia pendidikan dengan membagikan/menyebarluaskan kepada sekolah strategi/teknik pemebelajaran hasil temuan PTK.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PROPOSAL PENELITIAN KUALITATIF

A. LATAR BELAKANG Dalam kehidupan kampus, khususnya kehidupan kampus Universitas Islam Negeri Malang, dalam keseharianya sangat banyak kebia...