Estoronesia: MATERI PELAJARAN PAI KELAS 3 SD PELAJARAN KE -3; MEYAKINI ALLAH MAHA ESA DAN MAHA PEMBERI

Jumat, 31 Juli 2020

MATERI PELAJARAN PAI KELAS 3 SD PELAJARAN KE -3; MEYAKINI ALLAH MAHA ESA DAN MAHA PEMBERI



A. ALLAH ITU MAHA ESA  (ﷲاَحَدُ)

Allah Maha Esa (ﷲاَحَدُ) artinya Allah itu satu, tidak ada Tuhan selain Allah (لاَ الٰهَ اِلّاﷲ). Allah tidak beranak dan tidak diperanakan. Tidak ada sesuatupun yang dapat menyamai-Nya. Surat al-Ikhlas menerangkan tentang ke-Esa-an Allah SWT.

Pada zaman dulu, ada orang yang beranggapan bahwa Tuhan itu lebih dari satu. Tuhan memiliki sekutu yang mereka sebut sebagai dewa. Contohnya ada dewa matahari, dewa api, dewa air dan dewa lainnya. Bahkan ada juga orang yang beranggapan Tuhan itu memiliki anak. Tentu anggapan ini sangat tidak benar.

Jika Tuhan memiliki sekutu atau Tuhan lebih dari satu, dunia ini akan kacau. Karena bisa jadi Tuhan-tuhan itu memiliki perbedaan pendapat atau bahkan berebut kekuasaan. Jika Tuhan itu punya anak, tentu harus ada ayah atau ibu, ada kake dan neneknya. Tentu saja hal itu tidak mungkin dan merupakan anggapan yang salah dan keliru.

Meskipun Tuhan itu hanya satu, tiada Tuhan selain Allah, namun kekuasaan Allah tidak terbatas. Kekuasaan Allah meliputi seluruh alam semesta, Allah tidak membutuhkan siapapun dan kekuasaan Allah tidak ada yang menandingi.

Kita sebagai orang yang meyakini dan mengimani bahwa Tuhan itu Maha Esa, Tuhan itu hanya Allah semata, maka tugas kita adalah:
  1. Beribadah hanya kepada Allah
  2. Tidak boleh beribadah kepada selain Allah
  3. Tidak boleh menyekutukan Allah
  4. Tidak boleh percaya pada ramalan dukun
  5. Selalu memperbanyak dzikir kepada Allah

B. ALLAH MAHA PEMBERI (اَلْوَهَّابُ)

Allah selalu memberi rezeki kepada mahluknya. Di manapun mereka hidup Allah telah menyediakan rezeki untuk mereka. Baik di darat di lautan bahkan di dalam tanah sekalipun Allah memberi mereka rezeki makanan. Disamping itu Allah juga selalu mengabulkan doa-doa hambanya. Itu semua karena Allah memiliki sifat Al Wahab yang artinya Maha Pemberi. Al-Wahab ini merupakan salah satu dari Asm’ul Husna/nama-nama yang baik milik Allah. 

Dengan sifat al-Wahab (اَلْوَهَّابُ) ini, Allah menajarkan dan menyerukan kepada kita untuk saling menolong dan saling berbagi. Orang yang memiliki rezeki berlebih memberikan bantuan kepada orang yang sedang mengalami kekurangan. Semua rezeki yang melimpah datangnya dari Allah. Dan kita harus meneladani sifat Al-Wahab Allah, yaitu Allah Yang Pemberi.

Perilaku yang mencerminkan percaya pada sifat Al-Wahab Allah antara lain:

  1. Suka memberi bantuan/pertolongan kepada orang lain 
  2. Beramal dan beribadah dengan ikhlas (hanya mengharap ridlo dari Allah)
  3. Kesadaran dan kepedulian terhadap keadaan sekitar
  4. Memberi bantuan sesuai dengan kemampuan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PROPOSAL PENELITIAN KUALITATIF

A. LATAR BELAKANG Dalam kehidupan kampus, khususnya kehidupan kampus Universitas Islam Negeri Malang, dalam keseharianya sangat banyak kebia...