Estoronesia: MATERI PAI KELAS 3 SD PELAJARAN 1 NABI MUHAMAD SAW PANUTANKU (Part.2); SIKAP MANDIRI

Minggu, 19 Juli 2020

MATERI PAI KELAS 3 SD PELAJARAN 1 NABI MUHAMAD SAW PANUTANKU (Part.2); SIKAP MANDIRI



Nabi Muhamad saw. Sejak kecil sudah hidup mandiri. Beliau seorang Nabi yang patuh kepada Allah, pekerja keras, jujur, disiplin, sabar, pemaaf dan tidak pendendam. Beliau juga selalu sopan, ramah, yayang keluarga dan sayang kepada semua orang.

Mandiri artinya mau berusaha atau melakukan sendiri apa yang bisa dilakukan tanpa harus menyusahkan orang lain. Lawan dari sikap mandiri adalah sikap manja. Orang manja tidak mau berusaha sendiri meskipun dia mampu melakukan sendiri, selalu menyuruh dan menyusahkan orang lain. 

Sikap mandiri adalah sikap terpuji, maka kita harus selalu membiasakan dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan sikap manja adalah sikap tercela, kita harus menghindari dan menjauhinya.

Nabi Muhamad hidup mandiri semejak  masih kecil. Ayahnya sudah meninggal ketika ia masih dalam kandungan, ibunya meninggal ketika ia berusia 6 tahun. Demikaian halnya dengan kakek yang mengasuhnya pun meninggal ketuka ia masih berusia 8 tahun. 

Menjadi yatim piatu sejak usia anak-anak. Menjadikan  Nabi Muhamad pribadi yang mandiri. Karena sikap kemandiriannya Nabi dikenal sebagai pekerja keras, jujur, disiplin dan sabar.


Sikap Anak Mandiri:

  1. Tidak suka menyuruh atau menyusahkan orang lain/orang tua
  2. Tidak suka manja
  3. Suka membantu orang tua
  4. Suka menolong orang lain
  5. Mampu mengurus diri sendiri
  6. Giat berusaha atau belajar sendiri tanpa disuruh
Keuntungan Anak Mandiri:
  • Lebih sabar menghadapi segala situasi
  • Mampu menemukan jalan keluar sendiri jika menghadapi masalah
  • Disukai teman, orang tua  dan orang lain
  • Anak mandiri disayang Allah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PROPOSAL PENELITIAN KUALITATIF

A. LATAR BELAKANG Dalam kehidupan kampus, khususnya kehidupan kampus Universitas Islam Negeri Malang, dalam keseharianya sangat banyak kebia...